Selasa, 26 November 2013

HASIL PERTEMUAN BULAN NOVEMBER 2013

Pertemuan yang dilaksanakan pada di Laboratorium Fisika SMP Negeri 2 Bojonegoro kemarin telah menghasilkan banyak sekali keputusan yang sangat penting. Bila saya rangkum keputusan - keputusan tersebut antara lain:

Tentang LKS
Kemarin sudah dilaksanakan edit LKS secara bersama-sama meliputi kelas 7 dan kelas 8 semester dua, sehingga diharapkan LKS sudah sesuai dengan kebutuhan semua guru dan tidak ada lagi salah soal ataupun salah konsep. Harapan lain setelah di edit adalah semua guru bisa menggunakan LKS yang di produksi oleh MGMP Fisika dimana MGMP ini merupakan wadah kita semua dalam sharing semua permasalahan dalam duania pendidikan khususnya dalam mata pelajaran Sains Fisika.

Tentang Olimpiade Fisika
Hasil keputusan kemarin menjelaskan bahwa Olimpiade Fisika untuk tahun ini akan dibuat berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Perbedaannya adalah dengan menambahkan unsur kratifitas dalam pembuatan alat peraga dalam mata pelajaran Fisika. Dalam lomba nanti siswa yang terbentuk dalam Tim dimana dalam satu tim terdiri dari 2 siswa, tim ini akan mengerjakan soal PG dengan jumlah 50 soal. Lima puluh soal tersebut terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu 40 soal berbahasa indonesia dan 10 soal berbahasa inggris. Sedangkan cakupan materinya adalah kelas 7,8 dan 9. Kualitas soal adalah 60% masih tingkat SMP dan 40% soal tingkat SMA. Bobot penilaian dari lomba tahap I ini adalah jika jawaban benar akan mendapat skor 5, jika jawaban salah mendapat skor -2 dan jika tidak dijawab akan mendapat skor -1. Total maksimum skor yang akan didapat siswa jika tahap I ini benar semua adalah 250 poin. Untuk waktu pengerjaan soal adalah 120 menit.

Pada tahap II, yang merupakan lanjutan dari tahap I ini siswa akan diadu membuat sebuah alat peraga dari bahan - bahan bekas, dimana judul alat dan jenis bahannya akan ditentukan oleh panitia sedangkan bahan-bahannya disediakan oleh peserta sendiri. Waktu yang disediakan dalam pengerjaan alat peraga adalah 1 jam, jadi selesai ataupun belum selesai dalam waktu 1 jam semua peserta harus sudah berhenti dan meninggalkan pekerjaannya lalu juri akan menilai hasilnya. Skor maksimum yang dicapai dalam tahap II ini adalah 150 poin.
Penentuan Juaranya adalah dengan menjumlah perolehan skor pada tahap I dan II, kemudian akan dirangking dari 1 sampai 6. Sehingga akan didapat juara I, II, dan III lalu Harapan I, II dan III. Sedangkan pelaksanaan lombanya diperkirakan pertengahan bulan Februari 2014. Untuk biaya pendaftaran sudah disepakati sebesar Rp. 50.000,-. Setiap sekolah hanya diperbolehkan maksimal mengirimkan 2 Tim, artinya tidak boleh ngirim lebih dari 2 Tim begitu mas Bro....

Tentang Ujian Akhir Semester
Ujian akhir semester akan dilaksanakan secara serentak dan bersama-sama se-Bojonegoro, dimana untuk soal IPA akan dibuat oleh MGMP. Demi persiapan siswa - siswi kita baiknya Bapak dan Ibu Guru mendonwload kisi-kisi IPA mulai dari kelas 7 hingga kelas 8, silakan klik disini.Sedangkan Kisi-kisi untuk mata pelajaran lain bisa anda Unduh di laman donwload. Salam fisika Bravo....semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda kami tunggu